Wednesday, April 29, 2015

5 Cara Menguji Hardware PC Anda Baru atau Bekas

Sebelum membeli PC, Anda harus memeriksa setiap toko dan setiap kesepakatan online untuk menemukan harga terbaik. Jika tidak baru, PC yang digunakan dari seorang teman atau kolega mungkin menawarkan nilai terbaik untuk uang Anda. Tapi apakah Anda benar-benar memeriksa setiap komponen utama dari PC tersebut sebelum benar-benar membelinya?

Dalam kegembiraan mendapatkan PC baru, kebanyakan orang sering lupa untuk memeriksa apakah PC mereka bekerja dengan sempurna di kemudian hari, dan ternyata mereka sering menyesal setelah itu ketika terjadi suatu kerusakan atau tidak bekerja seperti yang diharapkan.
Artikel ini berisi tentang Cara Menguji Hardware PC Anda Baru atau Bekas dengan menggunakan beberapa aplikasi dan sedikit trik.

Cara Menguji Hardware PC Anda Baru atau Bekas

1. Pemeriksaan Screen untuk Mati Pixels
Layar yang Anda gunakan untuk membaca teks ini terbuat dari piksel yang sangat kecil, yang menampilkan tiga warna dasar: Merah, Hijau & Biru. Kadang-kadang satu atau lebih piksel ini dapat mengalami kerusakan, menyebabkan mereka hanya menampilkan satu warna atau tidak menyala sama sekali.
Screen untuk Mati Pixels

Untuk memeriksa apakah layar PC Anda memiliki piksel rusak, Anda dapat menggunakan tool Dead Pixels Test atau CheckPixels, atau melakukan tes secara offline menggunakan tool ini. Tes ini menampilkan berbagai halaman warna-warni yang membuatnya mudah bagi Anda untuk menemukan sebuah pixel mati. Dianjurkan untuk menjalankan tes ini di mode layar penuh, yang dapat dilakukan dengan menekan F11 di browser apapun.

2. Memeriksa Keyboard
Banyak orang tidak berpikir dari keyboard sebagai komponen vital dari PC mereka, tetapi itu adalah bagian yang sangat penting seperti yang digunakan di hampir semua tugas. Memeriksa keyboard menjadi lebih penting bagi pengguna laptop.

Memeriksa Keyboard

Anda dapat memeriksa apakah setiap tombol pada keyboard Anda bekerja dengan menggunakan tool KeyboardTester.

3. Memeriksa Kesehatan HDD / SSD
Sebuah HDD atau SSD berisi sistem operasi dan semua Breaking Bad, sehingga menjadi benar-benar penting bahwa HDD / SSD di 100 % aman alias sehat.
Ini juga merupakan hal penting dalam pengecekan komponen komputer, terutama untuk PC bekas, karena Anda tidak tahu kondisi awal tentang harddisk tersbut. Ada alat terpisah yang bisa anda gunakan untuk memeriksa kesehatan HDD dan SSD. Untuk hard disk Anda dapat menggunakan HDSentitel.

Memeriksa Kesehatan HDD / SSD

Semua drive yang terhubung ke PC tercantum di sebelah kiri. Di sini, parameter utama yang harus dicari adalah jelas Kesehatan. HDSenitel juga menjelaskan arti dari persentase kesehatan dan langkah-langkah kemungkinan yang harus diambil. Jadi, jika hanya beberapa bad sector dan beberapa kesalahan IO Anda tidak harus membuang drive Anda.

Kesehatan HDD / SSD

Untuk SSD ada aplikasi khusus, aptly bernama SSDlife, aplikasi ini juga menunjukkan kesehatan dalam persentase dari SSD. Sama seperti hard disk, bad sector juga dapat terjadi pada SSD dan kebijakan penggantian tergantung pada masing-masing produsen.

4. Memeriksa CPU dan GPU
CPU dan GPU merupakan 2 komponen utama yang melakukan semua proses utama, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan MS Office atau bermain games. Jadi anda perlu memastikan bahwa dua komponen ini harus dalam kondisi sempurna. Untuk menguji kedua, kita menggunakan Furmark.

Memeriksa CPU dan GPU

Untuk pengujian pada low-end PC tanpa GPU dedicated, set resolusi ke 1280 × 720 dan untuk madium ke high-end PC yang memiliki kartu grafis khusus, resolusi dari 1280 × 720 to 1920 × 1080 (full HD) dapat diatur. Jika saat menjalankan tes layar Anda tiba-tiba berkedip atau mendistorsi maka mungkin tanda masalah di GPU.

Untuk menguji CPU, buka CPU burner dan pilih Start untuk menjalankan tes. Di sini juga termasuk shutdown mendadak, berkedip-kedip.

Catatan: Jangan terlalu lama untuk menjalankan tes di atas karena dapat menyebabkan thermal shutdown PC karena terlalu panas.

5. Memeriksa RAM
RAM: satu komponen yang dianjurkan untuk meningkatkan kinerja PC Anda. Kesalahan pada RAM dapat menyebabkan Blue Screen of Death (BSOD) atau masalah boot. Tes untuk memeriksa RAM disebut Memtest86+ (pengguna Linux mungkin sudah tahu ini). Anda perlu memeriksa apakah “installed memory (RAM) sudah full semestinya.

Menguji Hardware PC

Selain tes ini, Anda juga harus memeriksa port USB, headphone dan mikrofon jack, serta setiap port lainnya seperti DVI, HDMI, dan ethernet jika Anda memiliki perangkat yang sesuai.

Personil toko atau pemilik kadang-kadang menolak anda untuk menginstal aplikasi baru pada PC sebelum membeli, tetapi Anda harus mencoba untuk tenang menjelaskan kepada mereka bahwa itu lebih baik dan aman daripada menyesal kemudian. Good luck dengan PC baru atau bekas Anda!. Semoga anda berhasil mendapatkan yang tercantik.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 LBC Computer All Right Reserved
LBC Computer